Latest News
Thursday, April 3, 2014

Tips Mengatasi Sifat Cengeng

Gampang menangis, entah itu karena merasa sedih, kecewa, gagal, ataupun tersinggung selalu diartikan dengan sifat cengeng. Cengeng juga sering membuat orang cenderung untuk menyalahkan diri sendiri dan selalu mengeluh. Sifat cengeng seperti ini tentunya tidak baik bagi Anda dan masa depan Anda.




Oleh karena itu sebisa mungkin Anda harus mengurangi sifat cengeng agar Anda bisa mengambil langkah lebih baik dalam setiap aspek kehidupan.

Sifat cengeng yang kebanyakan dialami oleh kaum perempuan biasanya akan membuat mereka muda mengeluh dan mudah untuk melampiaskan emosi mereka kepada orang lain atau apapun tanpa menemukan jalan keluar.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi sifat cengeng:
1.Tetap positif
Kebiasaan buruk yang membuat orang menjadi cengeng adalah mereka terlalu sensitif dan cenderung pesimis terhadap segala hal. Buanglah sisi negatif Anda dalam berpikir, cobalah untuk berkata positif yang kemudian diikuti dengan tindakan nyata. Lakukan hal-hal atau kegiatan positif yang bisa membantu Anda memulihkan perasaan Anda.

2.Koreksi diri sendiri
Meski Anda adalah korban atau orang yang paling menderita atas masalah yang sedang Anda hadapi, Anda tidak bisa menyalahkan faktor lain begitu saja. Cobalah untuk mengoreksi diri Anda sendiri.

Mulai cari awal penyebab masalah yang Anda hadapi saat ini, lalu susunlah langkah untuk mengatasinya. Jangan libatkan emosi seolah-olah Anda adalah korban yang paling menderita.

3.Tetap fokus
Fokuslah kepada tujuan atau hal lainnya yang ingin Anda capai.Jangan sampai merasa terlalu jatuh karena dikecewakan oleh orang lain. Jangan terlalu memikirkan masalah yang Anda hadapi karena hal tersebut hanya akan menghambat langkah Anda. Dengan cara ini maka Anda tidak akan cengeng lagi jika masalah lainnya datang menghampiri.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)



Sumber : http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/tips-mengatasi-sifat-cengeng.htm
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Tips Mengatasi Sifat Cengeng Rating: 5 Reviewed By: Kang Jae