Latest News
Thursday, April 3, 2014

Ayo! Latih Anak Sejak Bayi untuk Mutu Kecerdasannya

Mempunyai anak yang ceria, pandai dan cerdas serta penuh semangat jadi dambaan setiap orangtua. Dengan memiliki anak yang cerdas dan pintar orangtua akan senang dan bangga karena prestasi anak yang diraihnya. Akan tetapi membuat anak pandai tidak lah semudah yang dibayangkan, karena kepandaian seorang anak tidak hanya dengan memberikan pendidikan yang bermutu dan bagaimana cara kita mendidik si kecil. Jangan menunggu hingga dia sekolah untuk melatih kecerdasannya.


Anda bisa melakukan hal ini sejak anak masih bayi, bahkan sejak di dalam kandungan.

1. Ajak Bernyanyi

Sejak dulu, lagu adalah media yang menyenangkan untuk belajar. Anda bisa mengajak bayi bernyanyi lagu-lagu yang ceria, atau lagu yang Anda karang sendiri. Lagu anak-anak akan membuat bayi tersenyum. Walau dia tidak mengerti arti lagunya, dia akan merekamnya. Tidak perlu malu walau suara Anda tidak merdu.

2. Bacakan Cerita Dari Buku

Membacakan cerita pada bayi bisa menjadi hal yang menyenangkan. Bacakan cerita-cerita untuk anak atau cerita apa saja. Pilihlah yang memakai kata-kata baik dan dapat membuat bayi mengenal nama bunga, kota, hewan dan sebagainya.

3. Rajin Berbicara Padanya

Bayi bahkan janin sudah bisa mendengar. Karena itu, ajaklah dia berbicara tentang apapun. Anda bisa menceritakan hari ini sedang hujan, setelah hujan ada pelangi dan sebagainya. Semakin banyak kosakata yang dia dengar, semakin terekam dalam ingatannya. Karena itu bunda, hati-hati dengan pemilihan kata, ajarkan dia kata-kata baik sejak dini.

4. Ajak Bermain

Jika bayi Anda sudah bisa diajak bermain, ajaklah dia bermain. Kenalkan padanya warna-warna dan bentuk-bentuk geometri. Memang dia tampak tidak mengerti, tapi percayalah, otaknya sedang berkembang pesat di masa ini, sehingga dia akan mengingatnya dengan baik.

Kecerdasan anak bisa dimulai dari kesabaran Anda melakukan tips di atas.

Oleh: Indra K 
(Dikutip dari berbagai sumber) 


Sumber : http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/ayo-latih-anak-sejak-bayi-untuk-mutu-kecerdasannya.htm
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Ayo! Latih Anak Sejak Bayi untuk Mutu Kecerdasannya Rating: 5 Reviewed By: Kang Jae