Latest News
Thursday, April 3, 2014

7 Cara Menghadapi Anak yang Menginjak Dewasa

Nampaknya sangat mudah untuk mengatakan bahwa sebagai anak mereka harus mematuhi apa yang dikatakan atau diperintahkan oleh orang tuanya dan orang tua mempunyai wewenang untuk memerintah sang anak. Akan tetapi apa jadinya jika fenomena ini tertuju pada anak-anak kita yang sudah beranjak remaja? Ketika anak kita masih kecil, mungkin benar jika kita sebagai orang tua mempunyai kontrol terhadap segala tindak tanduknya.



Tetapi akan berbeda situasinya jika anak kita sudah remaja. Anak kita sudah mempunyai pilihan sendiri untuk bertindak. Dan keinginan tahuan dia mengenai persahabatan, penerimaan, dan kebebasan akan menjadi mangsa yang sangat tepat akan menggiring mereka ke dalam skema-skema pergaulan yang kurang benar.

Apakah Anda memiliki anak yang sedang menginjak dewasa? Sebagai orang tua, bagaimana Anda menghadapi masa pubertas anak? Berikut adalah penjelasan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

1. Jadikanlah diri Anda teladan anak.

Anak akan meniru apa yang anda lakukan. Namun dengan menjadi contoh yang baik anda akan mengatasi masa remaja anak dengan baik.

2.Kurangi tekanan pada anak

Jangan menekan anak untuk menjadi seperti Anda. Adalah hal yag normal bagi anak untuk memberontak dan memiliki pendapat yang berbeda dengan Anda.

3.Tentukan batasan

Berikan pengertian tentang perilaku yang dapat diterima dan tidak. Misalnya adalah ketika anak mulai dapat bertanggung jawab berikan ia sedikit kebebasan, pastikan alasan yang Anda berikan logis, dan kurangi ultimatum pada anak.

4.Buatlah skala priotitas peraturan.

Dengan membuat skala prioritas antara Anda dan anak, hal ini akan memberikan kesempatan pada anda dan anak untuk bernegosiasi dan berdiskusi.

5.Tunjukkan kasih sayang.

Habiskan waktu dengan anak Anda untuk menunjukkan pada dirinya bahwa anda peduli. Dengarkan apa yang sedang ia bicarakan dan hormatilah perasaannya.

6.Berikan pengertian kepada anak tentang keamanan di dunia maya.

Himbau untuk tidak mau diajak untuk bertemu dengan seseorang yang ia temui di dunia maya.

7.Berikan konsekuensi

Beberapa konsekuensi pada anak ketika ia melanggar peraturan adalah dengan tidak mengiraukannya dan memberikan tanggung jawab tambahan di rumah.

Oleh: Indra K 
(Dikutip dari berbagai sumber)




Sumber : http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/7-cara-menghadapi-anak-yang-menginjak-dewasa.html
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: 7 Cara Menghadapi Anak yang Menginjak Dewasa Rating: 5 Reviewed By: Kang Jae