Latest News
Thursday, April 3, 2014

Berikut 3 Strategi Jitu Cegah Anak Kecanduan Game Online

Di era yang serba canggih dan modern ini, segala sesuatunya dapat dilakukan dan dijangkau dengan internet. Salah satunya adalah bermain game. Meskipun internet sudah menawarkan berbagai macam kemudahan untuk belajar dan mendapatkan informasi, internet juga bisa membuat anak mudah kecanduan online game. Lalu, sebagai orang tua apa yang harus dilakukan ketika anak sudah sangat bergantung dan kecanduan bermain online game?




Penting bagi para orang tua untuk melakukan dan mengambil strategi ini agar tumbuh kembang anak bisa berlangsung dan berjalan dengan baik. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa generasi saat ini semakin jarang berolahraga daripada generasi yang sebelumnya, karena generasi saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam ruangan. Seperti yang dilansir oleh kidspot.com, ada beberapa strategi yang bisa dipilih dan dilakukan untuk mencegah anak kecanduan online game.

Pertama, jangan berikan waktu bermain game gratis tanpa ada timbal baliknya. Misalnya jangan perbolehkan anak Anda untuk bermain game online sebelum ia membereskan kamarnya. Atau Anda akan menghapus jatah bermain game anak Anda ketika anak Anda tidak mau membereskan mainannya.

Kedua, ikut bermain memainkan game online tersebut bersama anak Anda. Dengan begini, Anda bisa lebih tahu dan memahami apa yang sebenarnya sedang mereka mainkan. Selain itu, Anda juga bisa tahu batasan-batasan apa yang perlu Anda terapkan ketika anak Anda bermain game online.

Ketiga, berdiskusi dan ajak anak Anda untuk membicarakan batasan-batasan, waktu untuk bermain, dan segala hal yang berhubungan dengan game online. Kita tidak bisa dengan begitu saja melarang anak untuk melakukan sesuatu tanpa memberi mereka alasan atau penjelasan apapun. Putuskan bersama berapa jam yang diijinkan untuk bermain game online dan kapan saat yang tepat untuk bermain game online. Misalnya hanya boleh bermain game online satu jam sehari dari hari Senin sampai Jumat dan boleh main game online dua jam sehari di akhir pekan atau hari libur.

Strategi ini sangat penting untuk dilakukan sebelum nantinya terlambat. Apalagi ada dampak-dampak mengerikan yang akan dialami anak ketika ia sudah kecanduan bermain game online seperti sulit berkonsentrasi dan ketidakstabilan emosi serta sulit bergaul.

Oleh: Indra K 
(Dikutip dari berbagai sumber)

Sumber : http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/berikut-3-strategi-jitu-cegah-anak-kecanduan-game-online.htm
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Berikut 3 Strategi Jitu Cegah Anak Kecanduan Game Online Rating: 5 Reviewed By: Kang Jae