Latest News
Thursday, April 3, 2014

Pemerintah Depok bagi-bagi Beasiswa Lhoo!

Dinas Pendidikan Kota Depok menargetkan akan memberikan beasiswa bagi 100 pelajar SMA yang lulus ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan nilai terbaik. Pada 2013, ada 16 lulusan SMA/SMK yang diberikan beasiswa ke dua PTN yakni Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Baca Juga : Mau Kuliah Drama? Ini Beasiswanya.

"Setiap orang bisa menjadi pintar, karena ada kesempatan, di Depok banyak siswa miskin yang sudah diberikan kesempatan," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Hery Pansila, Selasa (28/1/2014).




Hery mencontohkan, sosok tokoh BJ Habibie banyak melahirkan anak intelektual yang juga memperoleh beasiswa. Dia meyakini banyak calon bibit unggul bangsa lahir dari siswa miskin yang cerdas namun tidak memperoleh kesempatan.

"Habibie masa depan akan muncul dari siswa miskin tadi. Ada peran dari teman-temannya, guru dan orangtua. Ada sekolah juga setiap pekan yang melakukan saweran membantu yang miskin tadi. Di tiap sekolah ada tabungan untuk membantu yang tidak mampu, ada orangtua yang membantu keringanan ekonomi, bahkan guru ada yang menyisihkan uang dan gajinya karena tidak punya anak, akhirnya memiliki siswa yang diangkat menjadi anak asuh," paparnya.

Hery mengimbuhkan, selama lima tahun ke depan, Depok menargetkan akan memberikan 100 beasiswa bagi pelajar SMA/SMK dengan nilai mengagumkan. Kriterianya sesuai dengan yang menjadi ketentuan pendaftaran SNMPTN, termasuk mempertimbangkan hasil rapor selama di SMA. Minimal, siswa yang bersangkutan masuk peringkat tiga besar selama kelas satu hingga tiga.
Tahun ini jumlah PTN dan PTS mitra Pemkot Depok ditambah yakni IPB, Unpad, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Sedangkan PTS yang menjadi kampus mitra adalah Universitas Gunadarma.

"Pelajar Depok yang masuk kampus-kampus tadi akan mendapat uang saku bulanan Rp1,5 juta per bulan, dan bebas SPP. Tetapi kalau IP-nya enggak bagus akan dicabut," tegasnya.

(Sumber www.okezone.com)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Pemerintah Depok bagi-bagi Beasiswa Lhoo! Rating: 5 Reviewed By: Kang Jae