Latest News
Thursday, April 3, 2014

Membuat Pita Kupu-Kupu dari Lakban

Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com
Siapa yang tidak kenal dengan ikatan pita berbentuk kupu-kupu? Ya, teknik ikat ini memang cukup terkenal karena selain indah dilihat juga seringkali digunakan banyak wanita untuk menghias sesuatu seperti ikat rambut dengan ikat kupu-kupu. Tidak jarang kita menemukannya ketika membuat kado.



Kita biasa membuat ikatan berbentuk kupu-kupu dari seutas kain atau pita dan menjadi bentuk kupu-kupu. Namun kali ini kita akan membuatnya dari lakban atau solatif. Memang terdengar aneh jika kita membuat ikatan kupu-kupu dari lakban tapi terlihat unik loh. Ingin tahu dengan cara pembuatannya? Yuk kita langsung saja siapkan bahannya.

Alat dan bahan
· Lakban hitam (warna bisa sesuai dengan keinginan)
· Gunting atau cutter

Cara Pembuatan:

1. Pertama - tama potonglah lakban yang disiapkan sekitar 6 inci (15 cm). anda dapat membuat dengan ukuran yang lebih besar seperti contoh dengan ukuran 30 cm namun perlu diperhatikan bahwa sisi kiri dan kanan haruslah sama ukurannya agar tidak terjadi perbedaan pada pembuatan pita.2. Setelah itu, lipat sisi kiri dan kanan ke bagian tengah lakban yang telah dipotong tadi. Perlu diperhatika jika dalam pengeleman, sisi kanan dan kiri harus sama besarnya. Untuk cara pengelemannya bisa dilihat pada gambar berikut.3. Jika sudah, lalu tentukan posisi tengah pada lakban yang dilem sisi kanan dan kirinya menghadap ke tengah. Ambil gunting atau cutter lalu gunting sesuai dengan tanda yang telah diberikan sehingga yang ada dihadapan sekarang ada 2 potong lakban yang telah dilem pada masing-masing sisinya.4. Ambil salah satu dari lakban yang telah dipotong kemudian lipat menjadi dua bagian dengan cara menggabungkan ujung sisi kiri dan kanan lakban akan bertemu namun tidak perlu melipat kuat-kuat supaya terlihat mengembang saat pembuatan.5. Pada ujung yang telah disatukan tersebut kemudian dilipat lagi. Setelah itu lipat kembali hingga pada ujung lakban menjadi kecil. Caranya dapat dilihat pada gambar berikut.6. Nah, jika sudah maka hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut. Ulangi langka-langkah sebelumnya pada sisi lakban lainya untuk membuat bentuk yang serupa dengan yang dilakukan tadi.7. Setelah itu, potong lakban dengan ukuran yang agak kecil kemudian rekatkan bersamaan dengan 2 buah lakban yang dibuat hingga akan terbentuk seperti pada gambar berikut ini. Kemudian buatlah kembali hiasannya berbentuk panah seperti pada gambar.8. Sambungkan lakban yang berbentuk pita kupu-kupu dengan potongan lakban yang berbentuk panah tadi pada sisi belakang pita kupu-kupu tersebut untuk memperindah hiasannya.9. Anda juga dapat membungkus kado dan memberi hiasan berupa pita seperti pada langkah-langkah sebelumnya dengan warna dari lakban yang berbeda sehingga hasilnya akan terlihat pada gambar berikut ini.

Oleh: Albert S

(Disadur dari linesacrossreviews.blogspot.com) dikutip lagi dari : http://www.kesekolah.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Membuat Pita Kupu-Kupu dari Lakban Rating: 5 Reviewed By: Kang Jae