Rangkuman Tahapan Pegoperasian Aplikasi Dapodik Versi 4.0.0 - Panduan
singkat ini menjelaskan tahapan mengoperasikan aplikasi dapodikdas secara garis
besar, untuk lebih detil dan lengkap baca manual aplikasi dapodik versi 4.0.0.
Tahapan ini dibuat untuk memandu dan memudahkan operator sekolah dalam
mengupdate data di tahun ajaran 2015-2016 dari data awal tahun ajaran sebelumnya.
Gambar : Diagram Alir Tahapan |
Ketentuan
awal :
- Kode registrasi masih tetap sama dengan tahun sebelumnya, pastikan koderegistrasi ini bersifat rahasia, unik dan tidak diketahui oleh orang-orang yang tidak berkepentingan
- Jika koderegistrasi ini bocor/ DIKETAHUI OLEH ORANG LAIN YANG TIDAK BERTANGGUNGJAWAB hubungi dinas pendidikan setempat untuk dilakukan reset ulang koderegistrasi. Dampak dari reset koderegistrasi akan mencegah pengiriman data dari koderegistrasi lama.
- Sebelum insstal versi 4.00 harus dilakukan unistalasi aplikasi versi sebelumnya (3.03)
- Prosedur instalasi dan generate ulang prefill sama dengan aplikasi sebelumnya.
- Pastikan 1 sekolah hanya terinstal di 1 komputer, namun 1 komputer dapat digunakan lebih dari 1 sekolah dengan menggunakan kode registrasi yang berbeda (mengakomodir sekolah yang tidak memiliki computer).
- Selalu memeriksa web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id untuk menjamin kesesuaian data di lokal aplikasi dengan di data yang diterima di server KEMDIKBUD.
- Pastikan data = fakta tanpa ada rekayasa, selalu memutakhirkan data sesuai dengan dinamika data yang ada di sekolah.
- Jika berpindah-pindah computer lakukan Siklus generate sync -ulang prefill. Prefill lama akan hilang dengan sendirinya setelah di registrasi (jangan dikoleksi/disimpan)
- Validasi di aplikasi tidak mencegah sinkronisasi , namun pastikan validasi = 0 untuk menjamin kualitas data sekolah anda lengkap, benar, mutakhir dan shahih.
- Koneksi internet hanya dibutuhkan saat melakukan sinkronisasi,
- Manfaatkan prosedur tambah peserta didik secara ONLINE (baca penjelasan) agar memudahkan operator bekerja secara efektif dan efisien (tidak input ulang dari awal)
Penjelasan
:
A.
Uninstall versi 3.03 dan install aplikasi versi 4.00
1.
Lakukan uninstall aplikasi versi 3.03
2.
install aplikasi 4.00
3.
registrasi dengan menggunakan koderegistrasi , gunakan email aktif untuk
didaftarkan sebagai pengguna dapodik, email ini akan digunakan pengguna di aplikasi-aplikasi
pemanfaatan data dapodik
4.
klik icon/shortcut dapodik atau buka browser lalu ketik http://localhost:8080
5.
aplikasi dapodik akan terbuka
6.
tekan ctrl+f5 untuk memastikan penyegaran aplikasi sesuai dengan aplikasi yang
baru , aplikasi dapodik versi 4.00 akan muncul
B.
Generate ulang prefill
1.
Lakukan generate ulang prefill di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik
tunggu beberapa saat sampai dengan muncul unduhan file prefill nya
2.
Unduh prefill pastikan namanya tidak mengandung duplikasi (1) / (2)
3.
Buat folder di c:/ dengan nama “prefill_dapodik, letakkan file tersbut di
direktori c:/prefill_dapodik
4.
Pastikan nama prefill nya tidak ada duplikat copy yang berakhiran (…(angka))
contoh salah :
C.
Registrasi dan login
1.
Buka aplikasi dan pilih tombol registrasi , lengkapi form isian registrasi,
pastikan email yang diinputkan aktif dan password yang aman , karena username
dan password ini akan digunakan untuk akses login ke aplikasi-aplikasi
pemanfaatan dapodik
2.
Masukkan koderegistrasi yang sesuai , kllik login
3.
Tahapan ini dapat bekerja secara online maupun offline
D.
Luluskan PD tingkat akhir dan naikkan kelas PD
1.
Tahap pertama perhatikan kelengkapan datanya, data yang akan muncul adalah data
tahun ajaran sebelumnya terakhir operator melakukan sinkronisasi, pastikan
sesuai dan lengkap sesuai sinkronisasi terakhir tahun ajaran lama.
2.
Buka masing masing tab, Sekolah – prarasana – Peserta Didik – PTK –Rombel.
3. Rombel
tahun lalu Nampak “hilang” tersembunyi karena terdaftar sebagai “histori”
4.
Buka tabel rombel, klik fitur action menu luluskan PD tingkat akhir secara
kolektif (bersamaan) dengan menggunakan fitur tersebut.
Gambar : Lulus dan Kenaikan |
5.
Fitur ini akan mengeluarkan peserta didik kelas ahir secara bersamaan/kolektif
per rombel. Lakukan untuk seluruh rombel tingkat akhir. Lengkapi isian tanggal
keluar/ lulus dan tuliskan alasan “lulus”
6.
Jika ada anak yang tidak lulus, fitur tersebut masih tetap dapat digunakan,
caranya buka tabel PD keluar-cari anak tersebut –batalkan . kemudian peserta
didik tinggal kelas akan muncul kembali di tabel PD. Masukkan PD tinggal kelas
tersebut kedalam rombel dengan status tinggal kelas.
7. Lakukan hal ini, untuk semua rombel tingkat akhir
8. Naikkan secara kolektif peserta didik lainnya , dengan
fitur action menu – kenaikan kelas dengan catatan kelompok romebl peserta didik
nya tidak diacak. Jika diacak, jangan gunakan fitur ini tapi gunakan metode
tambah rombel baru seperti biasa.
E. Tambah PD/peserta didik baru
1. Jika prosedur kenaikan dan kelulusan selesai kita beranjak
ke peserta didik baru. Tambah peserta didik baru di bagi 2 metode : OFFLINE
(lewat aplikasi dapodik) dan ONLINE lewat aplikasi web
dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
2. Metode OFFLINE menggunakan applikasi dapodik seperti
biasa, sama dengan cara sebelumnya.
3. Metode ONLINE menggunakan web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id.
tujuan metode ini agar peserta didik baru tidak perlu input ulang dari awal
lagi, dengan cara mencari peserta didik baru tersbut di sekolah lamanya.
4. Motode ini berlaku dengan beberapa persyaratan dan tahapan:
- Hanya digunakan untuk peserta didik SMP kelas 7 (peserta
didik baru) atau mutasi
- Sekolah lama PD tersebut sudah di keluarkan dari sekolah
lama (lulus/mutasi)
- Hanya dilakukan dengan cara full online (lewat website
dapo.dikdas.kemdikbud.go.id)
- Cari sekolah lama prop-kab-kota-kec-nama sekolah, lalu
lakukan pencarian peserta didik berdasarkan nama atau NISN,
- PASTIKAN peserta didik yang di temukan adalah benar periksa
detil peserta didik agar menjamin peserta didik tersebut yang di maksud sebelum
di lakukan perintah pindah/masuk ke sekolah anda.
- Setelah di eksekusi lewat web tersebut (sampai dengan tahap
konfirmasi), lakukan sync di aplikasi agar dapat menurunkan peserta didik yang
dimaksud. Secara otomatis peserta didik yang dipindahkan secara online akan
turun semua ke aplikasi.
- Periksa kelengkapan atribut data peserta didik baru
tersebut jika ada yang kurang segera lengkapi.
- Lakukan mapping ke dalam rombel sesuai dengan tingkatnya.
- Lakukan sync untuk mengupdate data peserta didik baru
tersebut.
- Periksa hasil sync terakhir di web
dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, pastikan isi data di web sudah sesuai dan lengkap
sesuai dengan di aplikasi dapodik sekolah.
5. Setelah prosedur PD Baru selesai sekarang beralih ke tabel
PTK, Lakukan salin penugasan di action menu pada tabel PTK. Hal ini untuk
menyalin penugasan PTK di tahun sebelumnya
6. Periksa kelengkapan PTK, mapping ulang penugasan PTK di
pembelajaran di tabel ROMBEL sesuai dengan SK pembagian tugas mengajar oleh
KEPSEK.
7. Periksa kelengkapan tabel prasarana dan sarana jika ada
yang kurang segera lengkapi
F. Pastikan Validasi 0
1. Validasi dalam aplikasi dapodik ini tidak mencegah
pengiriman data tapi bertujuan untuk menjamin data invalid masuk ke server pada
saat sinkronisasi online.
2. Untuk menjamin validitas data sekolah, anda pastikan
validasi = 0
G. Sinkronisasi
1. Jika pengguna sudah terkoneksi internet, maka akan
terlihat tampilan [Koneksi Anda dengan Internet : CONNECTED] berwarna
hijau, namun jika pengguna tidak terkoneksi internet maka tampilan yang akan
telihat adalah [Koneksi Anda dengan Internet: DISCONNECTED] berwarna
merah.
0 komentar:
Post a Comment