Latest News
Sunday, March 30, 2014

SBSB Dekatkan Siswa dengan Sastra

Jakarta (Dikdas): Sejumlah satrawan akan kembali menyapa siswa-siswi di sejumlah daerah melalui program Sastrawan Bicara Siswa Bertanya (SBSB). Pada 2014 Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar akan menggelar SBSB di enam kabupaten/kota, yaitu Cilegon (Banten), Ambon (Maluku), Kupang (Nusa Tenggara Timur), Purwakarta (Jawa Barat) Kendari (Sulawesi Tenggara) dan Banyumas (Jawa Tengah). Acara perdana digelar pada 29 April 2014 di Cilegon dan terakhir pada 17 Juni 2014 di Banyumas. (lihat Jadwal SBSB 2014)

Menurut Agus Suharyanto, M.A., ketua panitia, lokasi acara dipilih dengan pertimbangan pemerataan wilayah. Pada tahun-tahun sebelumnya, acara banyak digelar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

“Diharapkan tahun ini dapat menjadi pemicu bagi siswa SD dan SMP khususnya di wilayah timur,” ujarnya, Kamis, 20 Maret 2014.

Dengan menggelar SBSB di kawasan timur, tambahnya, siswa SD dan SMP terpacu untuk mengikuti lomba menulis cerita yang tiap tahun digelar Ditjen Dikdas. (lihat Ditjen Dikdas Kembali Gelar Lomba Menulis Cerita)

“Pengalaman yang sudah-sudah, saat kita menyelenggarakan lomba, pengirim dan pemenanganya dari wilayah barat dan Jawa. Wilayah timur kurang,” ungkapnya.

Bentuk acara direncanakan agak berbeda dari tahun lalu. Selain menyaksikan penampilan sastrawan, siswa juga dilibatkan dengan memberi mereka kesempatan untuk menampilkan kebolehan di atas panggung. Penampilan mereka kemudian dikritisi oleh sastrawan dan diberikan pengayaan.

Pelibatan siswa dengan porsi yang lebih banyak karena, berdasarkan evaluasi terhadap penyelenggaraan SBSB sebelumnya, perlu cara baru untuk mendekatkan sastra di kalangan siswa SMP dan SD. Kendati di antara mereka ada yang telah menjadi penulis, namun gaung pembelajaran sastra harus terus dilakukan dengan ekstra kerja keras sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter bangsa.

Sejumlah satrawan telah bersedia menyambangi siswa-siswi di enam provinsi tersebut, di antaranya Taufiq Ismail, Jamal D. Rahman, Iman Soleh, Agus R. Sarjono, Joni Ariadinata, Hanna Fransisca, Devie Matahari, Ayi Kurnia Iskandar, Fatin Hamama, dan Ari Kpin.* (Billy Antoro)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: SBSB Dekatkan Siswa dengan Sastra Rating: 5 Reviewed By: Kang Jae