Latest News
Saturday, July 11, 2015

Contoh Format OJL (On The Job Learning) Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA 2015

Pada Kesempatan ini kami akan membagikan Contoh Format OJL (On The Job Learning) Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA 2015  Kepala Sekolah adalah Guru yang diberi tugas tambahan dalam hal manajemen pendidikan dalam hal pemenuhan 8 standar, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Prasarana dan Standar Penilaian. 

Kepala Sekolah harus mampu dalam manajemen pendidikan dan sebelum Calon Kepala Sekolah harus mengikuti Program OJL (On The Job Learning)

Baca Juga : Perangkat Pembelajaran SMP KURTILAS UPDATE

LPPKS merupakan Organisasi atau sekolah yang menaungi Calon Kepala Sekolah agar menjadi Kelapa Sekolah yang siap menjabat, dan mampu melaksanakan tugasnya. OJL adalah suatu program terbaru yang dirancang khusus untuk Guru yang mengikuti pendidikan untuk Kepala Sekolah baik tingkat SD, SMP dan SMA

Program ini bisa dikatakan sebagai diklat Kepala Sekolah dan ini dimulai Tahun 2014 hal ini sehubungan bergulirnya Peraturan Pemerintah tentang Pengangkatan Seorang Kepala Sekolah harus mengikuti Diklat Kepala Sekolah (Tidak serta merta mengangkat).

Jadi Pemerintah mempunyai kebijakan bahwa Seorang Kepala Sekolah itu harus mampu menguasai Teknologi, dan tentu saja mampu me-manajemen sekolah untuk peningkatan mutu sekolah dan mutu pendidikan di masa mendatang. 

Sebelum Calon Kepala Sekolah Mengikuti diklat, LPPKS memberikan instumen Kepada Calon Kepala Sekolah untuk dijawab dan hasilnya bisa dilihat dan dijadikan salah satu bahan dalam Melaksanakan penelitian di sekolah. Instrument tersebut dikelompokan kedalam 5 kelompok yaitu : Kewirausahaan, Kepribadian dan sosial, Kepemimpinan Pmebelajaran, Pengembangan Sekolah dan Supervisi Pembelajaran. 

Banyak keluh kesah pastinya dirasakan Guru-Guru yang mengikuti Diklat Kepala Sekolah ini, dikarenakan tidak sedikit Guru yang tidak bisa menggunakan Fasilitas Teknologi(Komputer PC atau Notebook) karena skill penguasaan teknologi ini merupakan salah satu syarat dalam penyusunan tugas akhir bila diklat ini telah selesai dilaksanakan. Tentu berbeda kenyataannya bila Guru tersebut bisa atau mahir dalam menggunakan Komputer/Notebook.

Sebelum Calon Kepala Sekolah menjadi Kepala Sekolah yang resmi menjabat di sekolah tujuan, Kepala Sekolah harus menyusun Tugas Akhir dalam kegiatan tersebut. Nah Tugas akhir ini sebagai salah satu syarat yang harus ditempuh dalam Pemenuhan serangkaian kegiatan OJL. Apabila Calon Kepala Sekolah tidak menyelesaikan Tugas akhir ini maka Calon kepala sekolah tersebut harus mengulang kembali pada tahun berikutnya. 
Gambar Ilustrasi : Aplikasi OJL
Sebelum menyusun Tugas Akhir OJL, Calon Kepala Sekolah harus : 1. Memilih 2 sekolah yang akan dijadikan Penelitian. 2. Koordinasi dengan kepala Sekolah tersebut tentang pelaksanaan OJL 3. Menyiapkan Instrument dalam penelitian.
1.    Memilih 2 Sekolah yang akan dijadikan Penelitian. maksudnya yaitu Sekolah sendiri dan sekolah magang. bisa dikatakan sekolah sendiri sebagai sekolah magang 1 dan sekolah lain sebagai sekolah magang.
2.    Koordinasi dengan kepala sekolah tersebut tentang pelaksanaan OJL, hal ini sangat penting dikarenakan untuk mengkondisikan Waktu dimulainya Penelitian dan jadwal Hariannya, Mengkondisikan Guru-guru tentang sosialisasi Penelitian (OJL), Mengkondisikan Tiap Sekolah terutama Guru yang memegang 8 standar.
3.    Menyiapkan Instrument dalam penelitian. Instrument disini adalah tentang Sekolah yang akan dijadikan penelitian dalam hal pemenuhan 8 standar pendidikan, 9 Aspek Manajerial, Instrumen yang digunakan dalam hal apakah Calon Kepala Sekolah Kurang (contoh: Kewirausahaan), Supervisi Guru Junior, Rencana Tindak Kepemimpinan, Telaah Dokumen 1 dan Dokumen 2.

Panjang juga penulis menguraikan tentang OJL ini. Tapi tidak apa-apa ini demi berbagi file tentang OJL (On The JOb Learning). Langsung saja Penulis bagikan Instrument Tentang OJL. bisa langsung anda DOWNLOAD dibawah ini :
1.    BAB I.docx
5.    Daftar Isi.docx

Baca Juga : Tips Mudah Mengajar di Kelas Dengan Metode Pembelajaran

Demikianlah postingan pada kali ini tentang Contoh Format OJL (On The Job Learning) Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA 2015. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk Bapak/Ibu dimanapun Anda berada. 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Contoh Format OJL (On The Job Learning) Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA 2015 Rating: 5 Reviewed By: Kang Jae