Menyangkut
Permasalahan SK Tunjangan Profesi pada lembar Cek Info Data guru, dari hasil
Pengolahan data Dapodikdas, tentunya dikemudian hari berbagai persoalan bisa
saja kita dapati, namun sebelumnya, mari kita bahas sedikit demi sedikit
terutama masalah NUPTK dari pengalaman yang telaha lalu seperti hal berikut :
Sudah Update data di Dapodikdas namun tak Bisa Login untuk
Cek Info PTK ?
Penyebab:
1. Belum Memiliki NUPTK atau tidak Menginput NUPTK Pada Dapodik
2. NUPTK atau tanggal lahir yang diisi pada lembar Info tidak
sama dengan yang di input di Dapodik
3. Data belum masuk ke database P2TK Jika Status kirim sudah
Berhasil Proses.
4. Format Tanggal sync berubah karena Settingan Laptop dan
Komputer tidak sesuai.
Solusi
1. Periksa kembali NUPTK dan tanggal lahir pada Dapodik pastikan sudah
benar
2. Pastikan sync dapodikdas sudah berhasil diproses melalui info manajemen
pendataan
3. Coba kombinasi Pasword YYMMDD dan YYDDMM (tahun bulan tanggal)
Sudah
Update data di Dapodik dan sync sukses namun data perubahan Belum muncul di
lembar cek Info ?
Penyebab
1. Tahapan
Pemrosesan data belum selesai
2. Proses
Import data ke Server Dapodik Gagal
3. Belum
sinkronnya antara server Dapodik dan Server P2TK
Solusi
1. Baca
Penjelasan tentang sinkronisasi berhasil Dapodikdas
2. Pastikan
data sudah berhasil diproses melalui manajemen pendataan Dapodikdas
3. Cek
Kembali 2-3 hari kemudian.
NUPTK Tidak
Valid Pada Lembar Info ?
Penyebab
1. Nama Pada Database NUPTK Berbeda dengan Nama yang di input pada aplikasi
Dapodikdas
2. NUPTK yang di Entri pada Dapodik NUPTK Milik Orang Lain.
Solusi
- Pastikan NUPTK Adalah Milik Anda, Referensi NUPTK yang valid bias didapatkan pada Operator Dinas Kab/Kota, NUPTK LPMP atau Pusat.
- Jika kesalahan Pada NUPTK Perbaiki pada operator NUPTK lewat layanan Padamu Negeri.
- Jika Kesalahan Pada Dapodik, maka perbaiki pada Operator Dapodik, Sync data dan tunggu hasilnya beberapa hari kemudian.
NUPTK
Valid namun data Kelulusan tidak ditemukan ?
Penyebab
1. NUPTK
Pada Dapodik Berbeda dengan data cek kelulusan (CEK SKTP Tahun Lalu)
2. NUPTK
didata Kelulusan menggunakan NUPTK sementara (9999/9000/9898)
3. Mutasi
antar kementrian (diluar Kemdikbud)
4. Mutasi
Antar Jenjang antar Luar Dikdas
Solusi.
1. Perbaiki NUPTK Kelulusan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kota
2. Jika Mutasi dari Luar Dikdas atau Luar Kemdikbud, harus
diinput kelulusannya oleh operator
tunjangan Dinas Pendidikan Setempat, Pusat akan melakukan Verifikasi dari
kelulusan tersebut sebelum menerbitkan SKTP bagi PTK tersebut, bawalah dan
lengkapi berkas sebagai berikut ;
a. SK
Mutasi
b. Sertifikat
Sertifikasi yang sudah dilegalisir
c. Foto
copy kartu NUPTK/NRG
d. Dan
Berkas Pendukung lain.
NUPTK
Valid namun data Kelulusan Milik Orang lain ?
Penyebab
NUPTK
dipakai Orang lain
Solusi
1. Segera Laporkan Ke Dinas setempat dengan membawa bukti NUPTK tersebut milik
Anda.
2. Operator dinas akan mengusulkan perbaikan data Kelulusan orang lain yang
menggunakan NUPTK milik anda melalui aplikasi tunjangan, dan memerlukan proses
beberapa hari.
3. Jika Anda belum memiliki NRG usulkan juga agar anda memilikinya lewat operator
Dinas Pendidikan Setempat.
Sekian informasi yang bisa saya bagikan mudah-mudahan bermanfaat amin.
0 komentar:
Post a Comment