Latest News
Monday, April 17, 2017

Pahlawan Nasional A.I.P (Anumerta) Karel Satsuit Tubun

Karel Satsuit Tubun menamatkan pendidikannya di sekolah Polisi Negara di Ambon tahun ii. Setelah tamat, ia dilantik sebagai Agen Polisi Tingkat II dan ditugaskan dalam kesatuan Brigade Mobil (Brimob) di Ambon. Ia kemudian ditugaskan ke berbagai tempat, di antaranya di Jakarta, Sumatra Utara, dan Sulawesi.

K. S. Tubun juga pernah ditugaskan ke Sumatra Barat ketika terjadi pemberontakan PRRI/Permesta. Pada tahun 1963, ia mendapat kenaikan pangkat menjadi Brigadir Polisi dan ditugaskan di Jakarta.

Pada malam tanggal 30 September 1965, Ia sedang tugas piket menjaga rumah kediamanWakil Perdana Menteri Dr. J. Leimena. Rumah tersebut bersebelahan dengan rumah Menkohankam/Kasab, Jenderal A.H. Nasution.
Gambar : AIP. Anumerta Karel Satsuit Tubun
K.S.Tubun berusaha mencari tahu ketika melihat ada pasukan yang mencurigakan memasuki halaman rumah Jenderal Nasution. Namun, akhirnya Ia tewas ditembak pasukan tak dikenal tersebut. Akibat bunyi letusan senjata itu, Jenderal Nasution dapat meloloskan din dan para penculik meskipun kakinya sempattertembak. 

Ia dimakamkan di Taman Makam Pahiawan Kalibata, Jakarta. Pada tanggal 5 Oktober 1965, Karel SatsuitTubun dianugerahi gelar Pahlawan Revolusi berdasarkan S.K. Presiden RI No. III/KOTI/1965.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Pahlawan Nasional A.I.P (Anumerta) Karel Satsuit Tubun Rating: 5 Reviewed By: Kang Jae