Latest News
Saturday, November 18, 2017

Macam-Macam Simpul

Macam-Macam Simpul sering di ajarkan ketika kita mengikuti kegiatan pramuka, dan sudah tidak asing lagi didengarnya, mungkin ade-ade sudah diberikan materi tentang tali-temali di sekolahnya masing-masing.

Jika kita berpikir secara luasa bahwa pramuka sangat penting diikuti, sebab pramuka akan mencetak keperibadinya yang berkarakter. Bahkan Pramuka dalam Kurikulum 2013 sudah diwajibkan atau masuk ke mapel wajib.

Nah... pada postingan ini kami akan memberikan materi tentang Macam-Macam Simpul, berikut kami sajikan di bawah ini :

Macam-Macam Simpul


1. Simpul Hidup


Simpul Hidup
Simpul Hidup ini memiliki fungsi yang signifikan ketika digunakan dikehidupan sehari-hari yakni bisa digunakan mengikat suatu benda dengan kuat, tetapi untuk melepasnya tidak menyulitkan, tali temali simpul ini biasanya digunakan untuk mengikat hewan, bahkan buah-buahan.

Tetapi beda halnya Simpul Hidup ini digunakan ketika kegiatan pramuka, simpul hidup ini memiliki fungsi untuk mengikat tiang.

2. Simpul Mati

Simpul Mati
Simpul mati ini biasanya biasanya digunakan untuk mengakhiri suatu simpul. Walaupun simpul ini terlihat mudah dalam membuatnya, namun masih banyak siswa/siswi kita yang kebingungan dalam membuat simpul mati.

Adapun fungsi dari simpul mati ini adalah berfungsi untuk menyambung dua utas tali yang sama besarnya dan tidak licin, kami yakin pembina pramuka di satuan pendidikan masing-masing sudah mengajarkannya dengan baik.

3. Simpul Pangkal

Simpul Pangkal
Simpul Pangkal ini merupakan salah satu simpul yang sering sekali digunakan untuk mengawali atau mengakhiri suatu simpul lainnya.

Kasus yang sering kita temukan Apabila kamu ingin membuat simpul palang maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah pangkal terlebih dahulu pada salah satu tongkat.

Perlu kita ketahui bahwa terdapat dua cara dalam membuat tali temali simpul ini, yaitu adalah pertama dengan cara membuat lingkaran dan yang kedua dengan cara dililitkan.

Adapun dari fungsi Simpul Pangkal ini adalah berfungsi untuk permulaan ikatan dalam mengikat tali pada tongkat, tiang ataupun kayu.

4. Simpul Jangkar (Cow  Hitch)

Sumpul Jangkar
Cara Pembuatan simpul jangkar ini tergolong simpul yang mudah dalam pembuatannya, yang harus kita perhatikan dalam cara pembuatan simpul jangkar ini adalah sebagai berikut :
1. Bagilah tali menjadi dua kemudian lingkarkan pada benda yang ingin ditali
2. Tariklah kedua badan tali, sehingga semua tali masuk ke dalam sosok.

Jika sobat sudah mengetahui cara pembuatannya mari kita ketahui Fungsi dari simpul jangkar tersebut. Fungsi dari tali temali simpul jangkar adalah untuk membuat tanduk darurat atau dapat juga digunakan untuk mengikat timba atau ember.

Sebenarnya masih banyak lagi Macam-Macam Simpul yang terdapat di kegiatan Pramuka, tetapi admin hanya memberikan 4 Macam Simpul, admin akan melanjutkan artikel ini pada artikel selanjutnya, jangan lupa ikuti saja situs kami ini. Terimakasih

Next
This is the most recent post.
Older Post
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Macam-Macam Simpul Rating: 5 Reviewed By: Kang Jae